SCREEN PRINTING

Berikut adalah spesifikasi dari setiap jenis daari masing-masing tinta sablon dan jenis sablon yang diaplikasikan ke media

Rubber

Tinta yang paling banyak digunakan di industri sablon negara berkembang dikarenakan untuk finishing tidak menggunakan equipment yang menggunakan daya listrik dan modal yang besar. Tinta rubber atau waterbased adalah tinta berbasis air yang menutup serat kain dan memiliki tekstur lembu. Kelebihan tinta rubber adalah cost produksi yang murah, sangat bagus untuk desain dengan warna pastel,dan masih menjadi mayoritas dari industri sablon nasiona. Kekurangannya : dalam jangka waktu lama tinta tersebut akan pecah jika ditarik.

Extender

Tinta yang meresap di kain berwarna cerah, tidak memiliki tekstur dan mempunyai tingkat ketajaman warna yang tinggi.

Superwhite

Adalah tinta dari produk matsui Internasional yang meiliki sifat dengan extender, tapi sedikit memiliki tesktur.

Discharge

Adalah tinta yang meresap di semua warna kain dengan mekanisme pencabutan warna asli kain menjadi sesuai warna yang kita inginkan setelah melewati proses panas baik hot press maupun curing dengan suhu 150 derajat  celcius. Discharge sangat bagus untuk desain vintage.

Plascharge

Adalah tinta berbasis minyak (biasa disebut dengan nama plastisol discharge). Karakter tinta dan mekanisme sama dengan discharge waterbased namun memiliki kualitas dan berbasis teknologi tinggi. Plascharge adalah discharge yang banyak digunakan dalam industri sablon di negara maju (Amerika, Eropa, dst) dengan kualitas very superior.

Plastisol

Adalah tinta yang sekarang sudah mulai banyak digunakan dalam industri sablon nasional, baik personality order, brand clothing, instansi, dst. Dikarenakan kesadaran diri akan kualitas dari customer dan pelaku industri sablon untuk mencapai hasil yang sempurna. Tinta plastisol memang adalah tinta terbaik dalam industri sablon. Di negara maju seperti Amerika, Eropa dst plastisol adalah tinta yang paling banyak digunakan. Tinta plastisol adalah berbasis minyak (solvent) yang mengering hanya di suhu 160 C dengan sistem radiasi panas infrared heater.

Kelebihan : Tidak akan mampat di screen saat proses produksi, semisal customer memesan 1000 kaos dengan tingkat detail yang tinggi, hasil cetak pertama hingga terakhir pasti  akan sama dan semua detail sangat detail dan jelas. Warna tinta plastisol sangat akurat dan benar-benar tajam, sangat baik untuk detail dan dan earna logo, apalagi logo tersebut adalah logo dari perusahaan sekelas PT atau desain dari sebuah brand ternama, dan sangat reakistis untuk cetak dengan desain photo print dengan teksture yang lembut dan sablon sangat awet untuk jangka waktu yang panjang.

Kekurangan : HArus menggunakan Equipment dengan harga yang mahal dan daya listrik yang besar untuk mesin pengering tinta rersabut karena tinta plastisol hanya akan mengering dengan suhu 160 C. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi harga dari sebuah produk tersebut, tapi kami akan tetap fleksibel memberi harga kepada customer.

Flocking

Adalah sistem sablon yang hasil cetak dilapisi beludru.

Foil

Adalah sistem sablon yang hasil cetak dilapisi logam kertas entah flocking maupun foil memiliki varian untuk warna dan motifnya.

Glow in the Dark

Glow in the dark adalah tinta yang menyerap cahaya sesuai intensitas cahaya di suatu tempat tersebut yang kemudian terlihat bercahaya di tempat gelap. Warna biasanya adalah hijau pupus.

Puff

Adalah jenis tinta yang memiliki tekstur timbul dan cembung.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal masing-masing tinta memiliki prosedur masing-masing dalam proses pencetakan tinta tersebut. Berikut adalah sistem yang kami gunakan dalam proses pencetakan :

 

Pantone Matching System (PMS)

 

Berikut adalah sistem pencampuran warna secara profesional berdasarkan PANTONE MATCHING SYSTEM. Agar warnanya tetap konsisten, contoh yang terjadi ketika pemesanan order tersebut adalah perusahaan besar seperti pabrik, bank, dan perusahaan yang memiliki gedung hingga 25 lantai, pastinya perusahaan tersebut menggunakan designer profesional ketika membuat desain logo, dan tentunya logo yang dibuat designer profesional tersebut pasti menggunakan warna PANTONE sebagai warna paten logo untuk diaplikasikan ke berbagai media. Kami sangat menghindari pencampuran warna dengan menggunakan insting yang menyebabkan ketidak konsistenan warna dari waktu ke waktu yang mungkin dapat menyebabkan komplain dari customer.

Flash Dryer

 

Berikut adalah sistem pengeringan kami dengan menggunakan flash dryer dengan menggunakan daya 8000 WATT untuk mencapai kecepatan pengeringan sebuah produk dan kestabilan susu pada waktu proses penyablonan agar konsistensi warna dan suhu tinta tetap terjaga.