FABRIC MATERIAL

Dalam memesan suatu produk kita harus tahu spesifikasi, kekurangan, dan kelebihan bahan tersebut untuk diproduksi guna mencapai hasil yang maksimal sesuai budget dari sebuah order, dan jenis sablon yang diaplikasikan di bahan tersebut.

Gildan (internasional quality)

Tahukah anda apa kaos gildan itu? kaos Gildan adalah produsen kaos polos asal Amerika yang menjadi produk kaos polos paling terkenal, yang paling banyak dalam industri internasional dan menjadi kaos dengan bahan terbaik di dunia yang merata di banyak negara di dunia. Gildan terbagi menjadi beberapa kategori antara lain : Gildan Softstyle, Ultra Cotton, dan Premium Cotton. Ciri khas Gildan adalah built up (tanpa jahit samping), bahan tersebut akan sangat maksimal jika dicetak dengan jenis tinta dan desain apapun. Selain bahan yang sangat mendukung Gildan tidak akan kusut dan tidak akan mengalami penyusutan ukuran dalam jangka waktu yang lama (Super Quality and Heavy Duty)

Sedangkan bahan standar nasional yang biasa kita gunakan antara lain :

COTTON COMBED (30, 24, 20, dan 40s)

  1. COMB 30s
    Jenis bahan kaos yang paling banyak digunakan dalam industri pembuatan kaos baik personal order maupun industri di bidang clothing. Biasanya memiliki gramasi / berat antara 140 sampai dengan 160 grm/m2 untuk jenis single knit atau 230 grm/m2 untuk jenis rajutan double knitt.
    -Serat benang halus dan rata
    -lembut dan halus
    -menyerap keringat
    -nyaman dipakai
  2. COMB 24s
    Jenis bahan kaos yang lebih tebal dari comb 30s. Biasanya memiliki gramasi / berat bahan kaos antara 170 sampai dengan 210 grm/m2 untuk jenis rajutan single knit.
    -Serat benang halus dan rata
    -lembut dan halus
    -menyerap keringat
    -nyaman dipakai.
  3. COMB 20s
    Jenis bahan kaos yang lebih tebal dari 24s. Biasanya memiliki gramasi / berat bahan kaos antara 180 sampai dengan 220 grm/m2 untuk jenis rajutan single knit.
    -Serat benang halus dan rata
    -lembut dan halus
    -menyerap keringat
    -nyaman dipakai.
  4. COMB 40s
    jenis bahan kaos yang paling tipis diantara 24s, 20s, dan 30s. Biasanya memiliki gramasi / berat bahan kaos antara 180 sampai dengan 220 grm/m2 untuk jenis rajutan single knit.
    -Serat benang halus dan rata
    -lembut dan halus
    -menyerap keringat
    -nyaman dipakai.
  5. COTTON BAMBOO
    Merupakan bahan cotton yang jauh lebih baik dari combed standard, biasanya digunakan untuk Brand clothing atau premium order.
    -Serat benang sangat halus
    -hasil rajutan dan penampilan permukaan yang rata
    -kemampuan menyerap keringat yang lebih baik dari combed biasa
    -nyaman dipakai.

DI bawah ini adalah bahan yang digunakan untuk order dengan minimum budget misalnya kaos promosi.

  1. CARDED
    Bahan ini adalah 100% cotton, akan tetapi bentuk fisik, berupa tigkat kehalusan dan kerataan rajutan benang masih dibawah cotton combed. Bahan ini adalah opsi untuk order kaos dengan budget minim setelah cotton combed standar.
  2. TC (TETERON COTTON)
    TC adalah bahan dengan kandungan 65% polyster dan 35% cotton, bahan ini kurang menyerap keringat, kurang nyaman dipakai, sedikit kasar dan tidak tahan panas waktu dicetak dengan proses panas. Akan tetapi bahan ini tahan teradap penyusutan ukuran setelah proses cuci.
  3. CVC (COTTON VISCOSE)
    CVC adalah bahan dengan kualitas di atas TC, dengan kandungan 55% cotton dan 45% viscose. Sedikit lebih lembut dan sedikit menyerap panas. Bahan ini tahan terhadap penyusutan ukuran setelah proses cuci.